23rd May 2014 Cat: Kegiatan Bimbingan dan Konseling with No Comments »

Layanan bimbingan dan konseling di sekolah

Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah adalah kegiatan bimbingan yang dilaksanakan oleh guru konselor untuk semua siswa di sekolah. Kegiatan bimbingan dan konseling ini bisa berupa bimbingan secara personal maupun secara klasikal atau kelompok.

Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah oleh guru konselor dimaksudkan untuk membantu siswa meraih kemampuan optimal nya dan tumbuh kembang sesuai dengan norma yang berlaku secara mandiri.

Dengan adanya kegiatan bimbingan dan konseling diharapkan siswa bisa memahami dirinya sendiri, mengetahui kelebihan dan kekuranganya, mengetahui bakat dan kecenderungan dirinya sehingga pada akhirnya siswa memiliki konsep diri yang positif.

Hasil dari kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan siswa lebih mandiri, memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas, memiliki gambaran mengenai masa depan yang ingin diraihnya,  mampu menyelesaikan masalah dengan lebih dewasa dan menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan nyaman dan lancar.

Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah penting dilaksanakan karena pada umumnya anak sekolah berada pada fase perkembangan yang penuh dengan gejolak, emosi yang belum stabil dan belum memiliki pengalaman hidup sehingga rentan terhadap perilaku yang menyimpang dan merugikan dirinya sendiri.

Pada masa ini, anak sedang berada pada fase perkembangan yang cukup pesat yang butuh pendampingan dan bimbingan. Jika hal tsb tidak ditanganin dengan bijak dan tanpa adanya pendekatan yang baik terhadap anak akan menyebabkan masalah- masalah yang serius dalam perkembangannya, terutama perkembangan mental.

Ketika anak dihadapkan pada hambatan maka anak akan sangat mudah mengalami prustrasi, jika hal ini terjadi maka prestasi anak akan terganggu.

Banyak anak yang tidak mampu merencanakan masa depannya, bingung mau jad apa, melannjutkan sekolah kemana bahkan tidak sedikit yang tidak tahu cita- cita nya mau jadi apa. Peran guru konseling di sini adalah membantu siswa menemukan jalan yang tepat yang sesuai dengan potensi dan kemampuan dirinya sehingga diharapkan di masa yang akan datang bisa meraih masa depan yang lebih gemilang.


Related Post :