20th December 2011 Cat: Beban Kerja Guru with No Comments »

beban kerja guru Bimbingan dan KonselingBeban kerja guru diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Pada pasal 52 ayat 2 dalam Peraturan Pemerintah tsb. dinyatakan bahwa beban kerja guru paling sedikit memenuhi 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu pada satu atau lebih satuan pendidikan yang memiliki izin pendirian dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

apa yang dimaksud dengan beban kerja guru?

Pada pasal 52 ayat 1 masih pada Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tsb dijelaskan bahwa beban kerja guru mencakup kegiatan pokok pembelajaran, yaitu:

  1. merencanakan pembelajaran;
  2. melaksanakan pembelajaran;
  3. menilai hasil pembelajaran;
  4. membimbing dan melatih peserta didik; dan
  5. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru.

Bagaimana dengan beban kerja Guru Bimbingan dan Konseling?

Penghitungan beban kerja guru bimbingan dan konseling berbeda dengan guru mata pelajaran. Beban guru bimbingan dan konseling tidak dihitung berdasarkan jumlah jam mengajar di kelas. Jika guru mata pelajaran beban kerjanya adalah 24 – 30 jam mengajar dalam satu minggu, maka guru Bimbingan dan konseling atau konselor sekolah beban kerjanya dihitung berdasarkan jumlah siswa yang dibimbing. Lalu, berapa siswa yang harus dibimbing oleh guru bimbingan dan konseling agar memenuhi kewajiban beban kerja guru bimbingan dan konseling?

Pada pasal berikutnya, yaitu pasal 54 ayat 6 menjelaskan secara gamblang bahwa Beban kerja Guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah yang memperoleh tunjangan profesi dan maslahat tambahan adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik per tahun pada satu atau lebih satuan pendidikan.

Setidaknya ada dua perbedaan dalam peraturan ini antara guru bidang studi dengan guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah, yaitu:

  1. Guru mata palajaran beban kerjanya dihitung berdasarkan jumlah jam tatap muka sedangkan guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah beban kerjanya dihitung berdasarkan jumlah siswa yang dibimbingnya.
  2. beban kerja 24 – 40 jam tatap muka guru mata pelajaran dihitung dalam jangka waktu satu minggu, sedangkan guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah dihitung dalam jangka waktu satu tahun.

Selain Peraturan Pemerintah No 74 tahn 2008, pemerintah juga telah mengeluarkan Permendiknas no 39 tahun 2009 tentang beban keja guru dan pengawas. Pada dasarnya Permendiknas no 39 tahun 2009 ini tidak terlalu berbeda dengan Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008, hanya saja Permendiknas no 39 tahun 2009 lebih menyempurnakan Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008.

Tautan beban kerja guru Bimbingan dan Konseling

beban kerja guru Bimbingan dan Konseling


Related Post :
Leave a Comment for Beban Kerja Guru Bimbingan dan Konseling